Akibat Dari Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Windows Firewall

Windows firewall merupakan sebuah fitur keamanan windows dalam dunia jaringan komputer yang berfungsi untuk mengecek dan memantau semua paket yang keluar masuk dari dan ke jaringan langsung (komputer yang anda gunakan), firewall akan mengecek satu per satu paket yang datang, dan memilih nasib selanjutnya dari paket tersebut, apakah akan di izinkan untuk melanjutkan perjalananya atau cukup hingga di situ saja, pengecekan ini tergantung dari kriteria keamanan yang sudah di tentukan, salah satu kiprah utamanya yaitu melindungi jaringan private / komputer anda dari serangan virus, malware, hacker atau hal lainya yang sanggup membahayakan / menganggu keamanan user dikala mengunakan komputer.

Namun di balik fungsinya itu, firewal sanggup menganggu atau bahkan memblok koneksi antar user di dalam sebuah jaringan langsung yang sama (LAN), misalnya sharing data dan sharing printer, kalau anda mengalami problem ini, anda sanggup menonaktifkan funsi dari firewall ini, sehingga anda sanggup melaksanakan sharing printer dan data, untuk caranya berikut pembahasanya :

1. Pertama buka halaman Control Panel, caranya klik sajian start (Logo windows), kemudian klik sajian Control Panel di sebelah kanan sajian start.

2. Jika sudah, maka akan muncul tampilan control panel (kurang lebihnya), ibarat ini dalam mode category :

kemudian tuliskan firewall di kolom pencarian control panel, sehingga akan muncul hasil pencarian ibarat ini :
Klik windows firewall

3. Lihatlah ke sebalah kiri, di sana anda akan melihat beberapa menu, diantara sajian tersebut klik Turn Windows Firewall on or off

4. Ini ialah halaman pengaturan windows firewall, anda sanggup melihat ada 2 option yaitu :
  • Home or Work (private) network location settings: Pengaturan yang dipakai hanya untuk jaringan langsung saja (LAN) ibarat jaringan kantor dan sekolah
  • Public Network location settings: sedangkan yang ini di gunakan untuk jaringan umum yaitu dikala anda berkomunikasi dengan jaringan internet

5. Dan di dalam masing-masing option, ada option pelengkap yaitu :
  • Turn On Windows Firewall : Untuk mengaktifkan fungsi dari windows firewall
  • Block all incoming connections including those in the list of allowed programs : Jika anda mengaktifkan fungsi ini, maka semua koneksi / komunikasi yang memaksa masuk ke komputer anda akan diblok tanpa terkecuali, hal ini sanggup menjadi dukungan awal dari serangan virus yang bertebaran di internet, sehingga virus tidak gampang masuk ke komputer.
  • Notify me when windows firewal blocks a new jadwal : Dengan mengaktifkan fungsi ini maka anda akan di beritahu kalau ada jadwal gres yang di blok oleh firewall, sehingga anda sanggup menetukan apakah boleh / tidak jadwal tersebut menjalankan perjalananya.
  • Turn off windows firewall (not recommended) : Dan untuk yang terakhir ini, ialah untuk mematikan fungsi dari firewall.
6. Dan sekrang tergantung anda, apakah anda ingin menjalankanya atau tidak, kalau ya pilih option no 1, kemudian pilih apakah anda ingin menambahkan fitur lainya, kalau ya tandai salah satu atau kedua option tersebut (Block all dan Notify), tapi kalau anda ingin tidak mengaktifkanya makapilih option yang ke 4 (Turn off Windows Firewall), dan kalau sudah klik OK

Itukah sedikit pembahasan mengenai fungsi dari firewall, memang di balik fungsinya yang sudah sangat anggun windows firewall sanggup menganggu koneksi LAN, salah satu yang sering terjadi ialah koneksi sharing data. Sekian artikel kali ini supaya bermanfaat.

Comments