Begini Cara Setting Router Mikrotik Dengan Quick Set Melalui Winbox

Cara setting router Mikrotik dengan Quick Set mellaui winbox sangat mudah. Setelah dibahas wacana Setting cepat Mikrotik RouterOS dengan fitur Quick Set, maka pada bahasan kali ini yaitu wacana cara settingnya. Lalu bagaimana cara settingnya? Mari bahas dibawah.

Untuk langkah pertama yaitu menyiapkan data keperluannya menyerupai IP Internet (WAN), IP Lokal, IP DNS Server. Ya, minimal ada data tersebut supaya dapat mengkonfigurasi Router dengan benar. Nah, langkah selanjutnya yaitu mulai konfigurasi.

Login ke perangkat Mikrotik yang akan dijadikan Router melalui winbox. Pada bahasan kali ini, penulis memakai perangkat RB450G dengan Mikrotik RouterOS versi 6.13 dan untuk remotenya memakai winbox versi 3.7 (terbaru ketika ini). Setelah login winbox, klik sajian Quick Set yang terletak pada sisi pojok kiri atas, dan muncul jendela konfigurasi yang berjulukan Ethernat Quick Set. Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.



Langkah selanjutnya yaitu pilih opsi mode Router pada Configuration. Ada dua opsi pada Configuration yaitu Mode Router dan Bridge. Karena akan menciptakan Router, maka pilih opsi Router. Yang nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.


Pada bab Opsi Internet ini yaitu nantinya yang berfungsi sebagai WAN. Ada opsi Address Acquisition yang terdiri dari tiga pilihan yaitu Static, Automatic, dan PPPoE. Pada bahasan ini pilih Static. Dan langkah selanjutnya memasukkan IP Address, Netmask, Gateway, dan DNS Server. pada Mac Address di isi Mac Address ether yang nantinya akan dipakai sebagai ether WAN (Internet). Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.


Pada bab opsi Local Network, masukkan data IP Address lokal yang akan dipakai untuk internetan. Isi data IP Address dan Netmask sesuai dengan kebutuhan. Dibawahnya ada tiga opsi yaitu Bridge All LAN Ports, DHCP Server, NAT. Pada bahasan kali ini yaitu pilih opsi NAT. Nampak menyerupai pada gambar dibawah ini.


Pada bab opsi system , masukkan nama dari Router Identity. Secara default yaitu Mikrotik. Ganti Router Identity sesuai dengan keinginan. Abaikan tombol Check For Update dan Reset Configuration. Lalu langkah yang terakhir yaitu memasukkan password. Secara default Mikrotik RouterOS tidak ada passwordnya, maka pada opsi paling bawah untuk konfigurasi password Mikrotik. Dan langkah selanjutnya yaitu klik sajian Apply dan klik OK.

Sampai disini untuk konfigurasi sudah selesai dan tinggal dilakukan pengetesan konfigurasi tersebut. semoga konfigurasi tersebut gampang dipelajari dan jikalau ada pertanyaan, dapat kirim ke kolom komentar. Terima kasih.

Comments